Standar Pelayanan
STANDAR PELAYANAN SK NOMOR : HK.02.03/XII.2/36/2025
1. Standar Pelayanan Pemeriksaan dan Pengujian di Instalasi Mikrobiologi dan Biomolekuler
A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Penyampaian Pelayanan (Service Delivery) |
||
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1. |
Persyaratan Pelayanan |
Surat pengantar dari instansi dan form permintaan pemeriksaan laboratorium yang disediakan oleh petugas loket pendaftaran.
Form permintaan pemeriksaan laboratorium yang disediakan oleh petugas loket pendaftaran. |
2. |
Prosedur Pelayanan |
|
3. |
Waktu pelayanan |
Mikroskopis : 3 jam PCR : 3 hari |
4. |
Biaya/tarif |
Mikrobiologi :
Biomolekuler
|
5. |
Produk pelayanan |
Hasil pemeriksaan |
6. |
Pengelolaan pengaduan |
Email: labkesmasbaturaja@kemkes.go.id Telp: (0735) 325303 https://link.kemkes.go.id/DumasBTA SP4N LAPOR (lapor.go.id) |
2. Standar Pelayanan Pemeriksaan dan Pengujian pada Instalasi Patologi Klinik dan Imunologi
A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Penyampaian Pelayanan (Service Delivery) |
||
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1. |
Persyaratan Pelayanan |
1. Instansi: Surat pengantar dari instansi dan form permintaan pemeriksaan laboratorium yang disediakan oleh petugas loket pendaftaran. 2. Masyarakat Umum: Form permintaan pemeriksaan laboratorium yang disediakan oleh petugas loket pendaftaran. |
2. |
Prosedur Pelayanan |
1. Pelanggan mengisi form permintaan pemeriksaan laboratorium dan melakukan pembayaran di loket pendaftaran. 2. Pelanggan diarahkan menuju ruang sampling untuk menyerahkan sampel ataupun untuk dilakukan pengambilan sampel. 3. Pelanggan datang kembali mengambil hasil pemeriksaan di loket pendaftaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. |
3. |
Waktu pelayanan |
1 – 7 hari kerja |
4. |
Biaya/tarif |
Hematologi: 1. Hemoglobin : Rp 15.000,- per orang per pemeriksaan 2. Evaluasi Apus Darah Tepi : Rp 10.000,- per pemeriksaan 3. Golongan Darah : Rp 15.000,- per pemeriksaan Urine: 1. Urine Lengkap : Rp 20.000,- per orang per pemeriksaan Faeces: 1. Faeces Lengkap : Rp 25.000,- per pemeriksaan 2. Tinja Darah samar/Benzidine test : Rp 24.000,- per tindakan Kimia Darah: 1. Gula Darah sewaktu : Rp 30.000,- per orang per pemeriksaan 2. Kolesterol Total : Rp 30.000,- per orang per pemeriksaan 3. Asam Urat : Rp 30.000,- per orang per pemeriksaan Imunologi: 1. Tes Kehamilan (HCG) : Rp 35.000,- per pemeriksaan 2. Anti Dengue IgG/IgM : Rp 150.000,- per pemeriksaan 3. Hepatitis B Selubung Anti Gen (HbsAg) : Rp 60.000,- per pemeriksaan 4. Anti Leptospira IgM (Metode Rapid Test) : Rp 110.000,- per pemeriksaan |
5. |
Produk pelayanan |
Hasil pemeriksaan |
6. |
Pengelolaan pengaduan |
Email: labkesmasbaturaja@kemkes.go.id Telp: (0735) 325303 https://link.kemkes.go.id/DumasBTA SP4N LAPOR (lapor.go.id) |
3. Standar Pelayanan Pemeriksaan dan Pengujian pada Instalasi Kesehatan Lingkungan, Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit (Pemeriksaan Lingkungan)
A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Penyampaian Pelayanan (Service Delivery) |
||
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1. |
Persyaratan Pelayanan |
1. Instansi: Surat pengantar dari instansi dan form permintaan pemeriksaan laboratorium yang disediakan oleh petugas loket pendaftaran. 2. Masyarakat Umum: Form permintaan pemeriksaan laboratorium yang disediakan oleh petugas loket pendaftaran. |
2. |
Prosedur Pelayanan |
1. Pelanggan mengisi form permintaan pemeriksaan laboratorium dan melakukan pembayaran di loket pendaftaran. 2. Pelanggan diarahkan menuju ruang sampling untuk menyerahkan sampel ataupun untuk dilakukan pengambilan sampel. 3. Pelanggan datang kembali mengambil hasil pemeriksaan di loket pendaftaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. |
3. |
Waktu pelayanan |
3-5 hari kerja |
4. |
Biaya/tarif |
Pemeriksaan zat padat/makanan/minuman/Sludge per parameter atau per pemeriksaan 1. Derajat keasaman (pH) : Rp. 7.000,- per parameter per pemeriksaan 2. Arsen (Rapid test) : Rp. 67.000,- per parameter per pemeriksaan 3. Sianida (Rapid test) : Rp. 50.000,- per parameter per pemeriksaan 4. Formalin (Rapid test) : Rp 67.000,- per parameter per pemeriksaan 5. Nitrit (Rapid test) : Rp. 40.000,- per parameter per pemeriksaan 6. Rhodamin B (Rapid Test) : Rp. 36.000,- per parameter per pemeriksaan 7. Borax (Rapid Test) : Rp. 35.000,- per parameter per pemeriksaan 8. Iodin (Rapid Test) : Rp. 30.000,- per parameter per pemeriksaan 9. Timbal (Rapid Test) : Rp. 50.000,- per parameter per pemeriksaan 10. Merkuri (Rapid Test) : Rp. 37.000,- per parameter per pemeriksaan 11. Salinitas : Rp. 10.000,- per parameter per pemeriksaan |
5. |
Produk pelayanan |
Hasil pemeriksaan |
6. |
Pengelolaan pengaduan |
Email: labkesmasbaturaja@kemkes.go.id Telp: (0735) 325303 https://link.kemkes.go.id/DumasBTA SP4N LAPOR (lapor.go.id) |
4. Standar Pelayanan Pemeriksaan dan Pengujian pada Instalasi Kesehatan Lingkungan, Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit (Pemeriksaan Narkotika, Psikotropika dan Obat Terlarang)
A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Penyampaian Pelayanan (Service Delivery) |
||
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1. |
Persyaratan Pelayanan |
1. Instansi: Surat pengantar dari instansi dan form permintaan pemeriksaan laboratorium yang disediakan oleh petugas loket pendaftaran. 2. Masyarakat Umum: Form permintaan pemeriksaan laboratorium yang disediakan oleh petugas loket pendaftaran. |
2. |
Prosedur Pelayanan |
1. Pelanggan mengisi form permintaan pemeriksaan laboratorium dan melakukan pembayaran di loket pendaftaran. 2. Pelanggan diarahkan menuju ruang sampling untuk menyerahkan sampel ataupun untuk dilakukan pengambilan sampel. 3. Pelanggan datang kembali mengambil hasil pemeriksaan di loket pendaftaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. |
3. |
Waktu pelayanan |
1 hari kerja |
4. |
Biaya/tarif |
Dengan pemeriksaan sampel urin untuk mendeteksi zat berbahaya sebagai berikut :
|
5. |
Produk pelayanan |
Hasil pemeriksaan |
6. |
Pengelolaan pengaduan |
Email: labkesmasbaturaja@kemkes.go.id Telp: (0735) 325303 https://link.kemkes.go.id/DumasBTA SP4N LAPOR (lapor.go.id) |
5. Standar Pelayanan Pemeriksaan dan Pengujian pada Instalasi Kesehatan Lingkungan, Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit (Pemeriksaan Sampel Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit)
A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Penyampaian Pelayanan (Service Delivery) |
||
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1. |
Persyaratan Pelayanan |
Surat ini berisi tujuan pemeriksaan, jenis sampel yang diperiksa, jumlah sampel yang diperiksa dan tujuan pemanfaatan hasil pemeriksaan yang dikeluarkan oleh Loka Labkesmas Baturaja.
Surat permintaan ini berisi tujuan pemeriksaan, jenis sampel yang diperiksa, jumlah sampel yang diperiksa dan tujuan pemanfaatan hasil pemeriksaan yang dikeluarkan oleh Loka Labkesmas Baturaja.
|
2. |
Prosedur Pelayanan |
|
3. |
Waktu pelayanan |
1-7 hari kerja |
4. |
Biaya/tarif |
Biaya pemeriksaan :
Uji insektisida (Uji Tingkat Laboratorium):
Penyediaan Hewan Percobaan:
Perusahaan Rp. 2.000 per ekor Peneliti dan mahasiswa strata 2/strata 3: Rp. 750 per ekor Mahasiswa strata 1: Rp. 350 per ekor
Perusahaan Rp. 1.000 per 100 butir Peneliti dan mahasiswa strata 2/strata 3: Rp. 750 per 100 butir Mahasiswa strata 1: Rp. 350 per 100 butir
Perusahaan Rp. 17.500 per preparat Peneliti dan mahasiswa strata 2/strata 3: Rp. 9.000 per preparat Mahasiswa strata 1: Rp. 4.500 per preparat
Perusahaan Rp. 25.000 per preparat Peneliti dan mahasiswa strata 2/strata 3: Rp. 15.000 per preparat Mahasiswa strata 1: Rp. 10.000 per preparat
Larva nyamuk Rp. 50.000 per ekor Nyamuk Rp. 35.000 per ekor |
5. |
Produk pelayanan |
Hasil identifikasi vektor dan binatang pembawa penyakit, hasil uji insektisida, ketersediaan hewan coba, koleksi preparate dan spesimen awetan |
6. |
Pengelolaan pengaduan |
Email: labkesmasbaturaja@kemkes.go.id Telp: (0735) 325303 https://link.kemkes.go.id/DumasBTA SP4N LAPOR (lapor.go.id) |